Mengenal Android

Hallo sahabat Technoportion.com, Android merupakan sistem operasi Google yang menggunakan sistem linux dan berbagai perangkat lunak open source yang dirancang dan dibuat untuk benda bergerak seperti halnya Telepon pintar maupun dalam bentuk komputer yang sangat minimalis bentuk tablet.



Ketika pengguna Android mengakses apapun aplikasinya atau software dapat digunakan secara gratis meskipun Android ini milik Google, Google tidak memungut dan mengambil biaya berapapun karena sifatnya open source. Oleh karenanya sistem Android ini banyak digunakan oleh Perusahaan maupun personal, kapan Google mendapatkan uang yaitu ketika mengunggah aplikasi di Playstore maupun iklan yang ada pada saat memainkan aplikasi maupun game yang ada.

Didunia ini terdapat 2 (dua) jenis distributor sistem andorid. Pertama yaitu dari Google atau Google Mail Service (GSM) serta yang kedua yaitu dari benar-benar bebas distribusinya tanpa langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). Hingga saat ini banyak sekali vendor-vendor smartphone yang telah memproduksi smartphone berbasis pada android yaitu Oppo, Vivo, MI, Lenovo, Samsung dan vendor smartphone lainnya.

Android memiliki sistem operasi sangat mudah dan efektif dilakukan untuk masyarakat yang open source (terbuka dan gratis) membuat distribusi secara bebas dipakai dan digunakan untuk seluruh vendor. Oleh karenanya perkembangan sistem operasi dengan basis android sudah sangat pesat khususnya di Indonesia, banyak sekali pengguna menggunakan sistem tersebut terjangkau dan murah dalam hal akses masyarakat untuk membeli Smartphone.

Aplikasi android ini dikembangkan dalam bahasa pemograman Java dengan menggunakan pengembangan perangkat lunak android (SDK). SDK tersebut yakni berupa sebuah perangkat dalam hal pengembangan, yakni debugger, dunia software, emulator handset yang berbasis QEMU, dokumentasi, kode sampel, dan tutorial. Didukung secara resmi oleh lingkungan pengembangan terpadu (IDE) Eclipse, yang menggunakan plugin Android Development Tools (ADT). Alat dalam hal pengembangan lain yang ada yakni berupa Native Development untuk aplikasi atau ekstensi dalam C atau C++, Google App Inventor, lingkungan visual untuk pemrogram pemula, dan berbagai kerangka kerja aplikasi web seluler lintas platform.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel