Maraknya penggunaan VPN di Indonesia

technoportion.com, kejadian yang dialami di Negeri kita tercinta ini Indonesia yang jarang sekali ditemukan dan dialami sebelumnya, masyarakat di hebohkan dengan terkendalanya media komunikasi seperti lambatnya akses Media Sosial seperti halnya Whatsapp, Instagram maupun Facebook. Akses yang biasanya menjadi sebuah kebutuhan masyarakat luas yang akhirnya harus bisa berpuasa juga dalam penggunaan media sosial bukan hanya berpuasan menahan Haus dan Lapar pada bulan Ramadhan kali 1440 H bagi yang sedang menjalankan ibadah Puasa.


Kejadian lemahnya jaringan dan media sosial menjadi keputusan dari Pemerintah untuk membatasi dan mengurangi aktivitas masyarakat dalam pengiriman sejumlah foto, video dan chatingan seperti biasanya. Seperti halnya yang diutarakan dan disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Bapak Rudiantara masyarakat dalam hal ini disarankan untuk mempermudah komunikasi dalam pengiriman Chat, Video maupun Foto menggunakan fasilitas media pendukung tambahan yaitu VPN dengan singkatan (Virtual Private Number) setelah dikuranginya akses ke media sosial per tanggal 22 Mei 2019.

"Kami sudah memperhitungkan salah satunya melalui VPN, selalu dikatakan bisa bypass lewat VPN, namun hindari VPN karena (kalau kita menggunakan) VPN gratis bisa terdampak terbukanya data-data pribadi," tutur Rudiantara dalam wawancara dengan Kompas TV, Kamis (23/5/2019). selain itu juga penggunaan VPN dapat memasukkan dan menyebarkan virus maupun malware yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem.

Kejadian ini bukan berarti Pemerintah selamanya akan menutup akses pada media sosial, ini hanyalah sementara dengan minimnya masyarakat dalam penyebaran informasi yang bukan tempatnya dan bukan sesuai fakta, hal ini juga dituturkan oleh Pak Wiranto selaku Menko Polhukam RI.

VPN itu sendiri merupakan suatu koneksi yang terjaring dengan koneksi pribadi (private) yang terhubung dengan jaringan luas maupun publik yaitu Internet, sehingga dapat menjangkau bukan hanya lingkup internal Indonesia tetapi bisa menembus dunia. VPN ada yang berbbayar maupun yang tidak berbayar. Jika penggunaan menggunakan berbayar ini asli dan original sehingga tidak menyebabkan kerusakan maupun berbahaya terhadap sistem dan jaringan internal Probadi.

Hal yang dapat terjadi menggunakan media VPN diantaranya 1. Pembobolan sistem keamanan perangkat personal dengan malware, 2. Melacak aktivitas pengguna setiap harinya. Hal ini lah yang perlu sahabat Technoportion ketahui. Hati-hati ya gayss jangan sampai hanya ikut-ikutan tanpa diketahui fungsi sebenarnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel