Bisnis Digital

Hai Sobat technoportion.com ada yang sudah tau apa itu bisnis digital, pasti teman-teman semua sudah sedikit tau dan mungkin sudah banyak yang menjalankan bisnis menggunakan media bantuan digital. Ayo Simak apa sih sebenarnya Bisnis Digital, Bisnis Digital bisa kita sebut bisnis dengan menggunakan media maupun alat bantu digital seperti Handphone maupun komputer yang tersambung dalam jaringan Internet untuk akses dan transaksi kepada customer atau konsumen.



Bagaimana perkembangannya sudah sangat pesat dengan didukungnya jaringan internet yang pesat pula, dengan sekarang sudah hampir pada jaringan generasi kelima yaitu 5G pastinya semakin pesat sekali perkembangan dunia bisnis digital, jika ingin tau lebih lanjut jaringan 5G bisa lihat juga artikel ini ya sobat technoportion Mengenal Teknologi Terbaru 5G. Oleh karenanya bisnis yang ditekankan pada basis digital pasti lebih potensial untuk digeluti maupun di tekuni, hal ini dapat memudahkan pembeli maupun penjual.

Dalam hal ini ada beberapa model bisnis yang bisa sobat techno ketahui nih, berikut model bisnisnya ya...

  1. Model Bisnis Infomediary, model bisnis ini digunakan untuk dapat teman-teman menganalisa, mengumpulkan serta dapat memberikan sebuah informasi kepada customer secara sistematis dan terukur.
  2. Model Bisnis Lincensing, model bisnis ini berbeda dengan Infomediary karena memiliki sebuah hak paten dalam pengoperasiannya. oleh karenanya perlu kehati-hatian dan keseriusan yang lebih karena bersifat privasi.
  3. Model Bisnis Merchant, model bisnis ini memiliki kekhususan dimana secara garis besar eksklusif dalam pengoperasiannya mengapa karena penjualan atau pergerakannya di toko online yang sudah pasti tokonya memiliki nilai jual yang tinggi dan sudah pasti terpercaya.
Bisnis digital sudah sangat marak dikalangan masyarakat khususnya di Indonesia, karena sudah sangat banyak yang berminat dengan bisnis menggunakan media digital seperti halnya pada bisnis personal yang menggunakan hanya bermodal media sosial maupun dalam bentuk Market place yang pasti sangat banyak sekali keuntungannya serta sangat membantu peran Pemerintah dalam meningkatkan Usaha Kecil Menengah.

Inilah beberapa contoh Bisnis Digital menggunakan media market place, cek yaa:

  1. Bisnis Digital Bukalapak, Binis digital ini salah satu yang bergerak pada penjualan dan terbesar di Indonesia yang jenis bisnisnya market place. Pemilik bisnis ini asli dan original Indonesia asal Sragen Jawa Tengah biasa disebut Mas Zaky nama lengkapnya Ahmad Zaky. Memulai bisnis digital ini karena kesukaan dan hoby mas Zaky dengan dunia IT hingga pada akhirnya kuliah di salah satu Kampus ternama di daerah Bandung yaitu Institut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Informatika. Dalam proses perkuliahan  mulai membangun bisnis digital ini bersama kawan-kawannya sehingga menciptakan gagasan dan ide yang segar untuk merintis sebuah bisnis kebermanfaatan bagi banyak masyarakat.
  2. Bisnis Go-Jek, bisnis digital ini sudah sangat banyak sekali kebermanfaatannya dalam membantu masyarakat dalam hal kemudahan dan keterjangakauan transportasi umum. Hal ini pun dirasakan oleh seorang Mas Nadiem Makarim yang menginginkan seorang Ojek bisa mendapatkan penghasilannya lebih bukan hanya duduk menunggu penumpang di pangkalan seharian. Oleh karenanya keresahan yang dirasakan Mas Nadiem sehingga membuat sebuah aplikasi transportasi yang dinamai Go-Jek dengan aplikasi ini seorang Ojek dapat mendapatkan penumpangnya dimanapun berada dan dapat memudahkan masyarakat untuk bepergian kemanapun serta mudah dan tidak harus menunggu lama sekali.
Baca juga artikel ini ya kawan: Mengenal Industri 4.0 di Indonesia

Oleh sebab itu Bisnis Digital ini bukan hanya mementingkan profit melainkan dapat juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi maupun bermanfaat bagi penjual maupun pembeli untuk mendapatkan segala sesuatunya dengan cepat dan tepat. Ayo mari kita semua bisa merasakan manfaatnya dan mulai membangun bisnis digital yang disukai sesuai hoby dan passionnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel